Mandi Membuat Sehat Dan Cantik

Salah satu cara cantik paling praktis adalah mandi. Tubuh bersih, segar, dan wangi adalah sebagian dari cantik. Dengan mandi kita bersemangat menjalani kegiatan hari ini. Biar mendapatkan manfaat mandi, yang biasa kita lakukan dua kali dalam sehari, kita harus mandi dengan benar, tak sekadar bersabun lalu membasuhnya. Mandi bahkan bisa dijadikan terapi untuk menjaga kesehatan kita.

  • Manfaat mandi.

Mandi tak sekadar membersihkan diri dari kotoran dan keringat. Mandi bisa menjadi cara untuk penyembuhan. Sentuhan air pada kulit memberi sensasi rasa dan sehat sekaligus. Bermacam-macam cara mandi dengan berbagai produk mandi, kini lebih leluasa dipilih. Ada mandi shower alias di bawah pancuran, mandi berendam, atau mandi dengan memakai gayung, seperti yang dilakukan keluarga Indonesia pada umumnya. Pilihan air mandi pun ada yang dingin, hangat, atau paduan keduanya. Kesemuanya memberi keuntungan yang berbeda-beda. Bagi orang yang masih muda tentu tidak masalah jika harus mandi memakai air dingin, tetapi seiring usia, orang yang lebih tua akan memilih mandi dengan air hangat agar nyaman di kulit. Memakai air panas dan dingin bergantian ketika mandi (hydrotherapy), dimulai dari air hangat, dan disudahi dengan air dingin bisa menstimulasi tubuh lebih segar.

  • Mandi air hangat.

Berfungsi untuk membuang racun, menurunkan kadar gula darah, mengurangi otot sakit, membantu organ tubuh berfungsi optimal. Menurut suatu studi di Inggris, mandi berendam air hangat selama 30 menit, bisa menurunkan gula darah hingga 13%, sehingga hal ini disarankan bagi penderita diabetes. Bagi penderita rematik, mandi di bawah air pancuran hangat bisa mengurangi rasa nyeri rematik. Mulailah dari leher, rahang, dan tubuh hingga kaki, gerakan ini bisa meregangkan otot yang kaku, lakukan perlahan, tahan setiap bagian selama10-20 detik. Seluruh proses bisa selesai dalam waktu kurang dari lima menit. Berendam dalam air hangat juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kulit tetap sehat.

Untuk kulit infeksi, seperti gatal, bisa menambahkan 3 – 4 sdm cuka apel dalam air mandi, berendamlah selama 15-20 menit. Mandi berendam air hangat juga bisa mengurangi sakit kepala atau kaki yang sangat lelah. Untuk menghaluskan kulit, bubuhkan beberapa tetes minyak aroma, misal aroma lavender atau lemon, rileks dalam bak mandi hangat selama 10-20 menit. Untuk menghilangkan jerawat akibat stres, bubuhkan beberapa sendok makan susu bubuk atau garam mandi ke dalam bak mandi air hangat.

  • Mandi air dingin.

Inilah yang umum kita lakukan di rumah. Mandi air dingin, apalagi dengan pancuran yang deras, bisa mengurangi kelelahan akut, memperlancar aliran darah, mengurangi stres, mengurangi garis lingkaran hitam pada mata. Mandi air dingin juga melindungi kutikel rambut dan mengurangi kebotakan, membuat rambut menjadi kuat dan lembut.

 

  • Cara mandi.

Mandi pakai air bersih yang mengalir atau ditampung dalam bak/ember bersih. Pastikan kamar mandi tidak licin, pasang keset anti licin jika perlu. Jangan berendam mandi lebih dari 30 menit karena kulit akan kering. Jika mandi memakai pancuran/gayung, mulailah membasuh dari bagian bawah ke atas, dari ujung jari kaki, lutut, perut, hingga ke bahu, leher, dan kepala, dan diakhiri dengan gosok gigi. Setiap gerakan dilakukan selama 1 – 5 menit sebanyak tiga kali untuk setiap bagian tubuh. Dengan melakukan gerakan mandi dari bawah ke atas, suhu tubuh ketika mandi akan stabil, dan pori-pori tubuh bagian atas seprti mulut, hidung, dan telinga akan terbuka.

  • Produk mandi dan piranti mandi.

Sabun mandi, bisa bentuk cair, jeli, atau bar, pastikan sabun mandi yang dipakai cocok dengan jenis kulit dan bebas dari zat kimia berbahaya. Jika mandi berendam, bisa memakai garam mandi yang bagus untuk mendapatkan kulit mulus, bersih, sehat. Piranti mandi yang diperlukan adalah penggosok punggung dengan bulu sikat alami yang lembut; busa mandi; sikat kaki dan telapak kaki. Pastikan piranti mandi dalam keadaan bersih dan disimpan dalam keadaan kering agar tak berjamur.

:maho :kiss :rate

Rinto habsari/Dari berbagai sumber

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco